• Mon. Sep 21st, 2020
Mengapa Informasi Karyawan Penting Bagi Kantor?

Menjadi bagian dari HR di kantor dan belum tahu fungsi informasi karyawan? Jangan mau ketinggalan dan ketahui mengapa ini penting dan susun sebaik mungkin.

Bagi sebagian besar individu, menjadi staff HR adalah pekerjaan yang menyenangkan. Karena dapat mengenal pribadi-pribadi lain dengan ilmu yang dimiliki. Namun tahukah anda, informasi karyawan adalah hal penting bagi bagian HR? Informasi biasanya dibentuk secara mandiri oleh staff HR, dibuat dengan rapi agar mudah dibaca. Lantas, apa alasan lain pembuatan data diri oleh kantor? Apakah hal tersebut berkaitan dengan pengembangan perusahaan dan kualitas karyawan?

Apa Saja Bagian dari Info Karyawan

Apa saja yang harus tersedia dalam info karyawan? Info karyawan umumnya mencantumkan identitas karyawan. Di mulai dari nama, pendidikan, skills hingga hobi seluruhnya dicantumkan dengan lengkap. Setelahnya dimasukkan pula informasi lainnya, seperti presentase kehadiran, jumlah cuti tersisa dan informasi lainnya. Lantas, untuk apakah semua data ini dibutuhkan oleh perusahaan?

 

5 Pentingnya Informasi Karyawan

Anda penasaran dengan apa saja yang menjadi alasan kantor membutuhkan data karyawannya? Rupanya ada kaitan dengan keuntungan, benarkah demikian? Ini ulasannya:

1. Memeriksa Progres

Bagi perusahaan, seorang karyawan harus mampu memiliki progres selama bekerja. Data yang tersimpan baik dapat mempermudah pemeriksaan progres selama bekerja. Perusahaan dapat mengetahui apa saja potensi yang dimiliki oleh karyawan. Dari sinilah, perusahaan dapat menyimpulkan apakah tempat yang diduduki karyawan saat ini merupakan tempat yang tepat.

2. Pengawasan Cuti

Sebagai seorang karyawan anda membutuhkan cuti untuk merelaksasi pikiran. Namun setiap karyawan memiliki jumlah cuti tersendiri. Di sinilah, HR membutuhkan informasi karyawan, yaitu untuk menghitung sisa saldo cuti yang dapat diberikan. Jika data terbaca dengan baik, maka proses akan lebih mudah didapatkan.

3. Memudahkan Proses Evaluasi

Perusahaan akan mengumpulkan semua informasi karyawan dalam setiap tahunnya. Pengumpulan ini dilakukan, guna mendukung proses evaluasi yang terjadi di perusahaan. Adanya informasi yang lengkap, akan mempermudah proses. Karena data tidak lagi dicari-cari, melainkan telah tersedia secara detail.

4. Perhitungan Gaji

Data karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan, tidak hanya berupa identitas. Namun, aktivitas yang dilakukan karyawan selama di kantor, termasuk kehadirannya. Laporan kehadiran dapat mempermudah perusahaan dalam menghitung gaji. Slip gaji nantinya dapat disinkronkan dengan laporan cuti, sehingga mempermudah dalam akses.

5. Kontrol Data Terpusat

Setiap perusahaan membutuhkan dukung dari seluruh divisinya. Data-data setiap divisi dibutuhkan untuk mempermudah koordinasi. Namun perlu diingat, bahwa data ini bukan konsumsi publik. Harapannya, setelah informasi terpusat dapat menjadi wujud nyata sinergi antar bagian di perusahaan.

Untuk perusahaan menengah, anda tidak membutuhkan bantuan banyak orang untuk mengelola informasi karyawan. Namun akan berbeda, jika perusahaan telah menjadi perusahaan besar dengan karyawan ribuan. Bila hal ini terjadi, sebaiknya manfaatkan aplikasi untuk mempermudah pengelolaan informasi.